SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Apa-apa Yang Perlu Dipersiapkan Dirumah

Bismillahirrahmanirrahiim...

Ya Allah Engkau Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu...

Sembah dan puji syukurku hanya layak BagiMu Ya Allah..Engkau Yang memberi hidup dan kehidupan. Engkau Yang memberi ujian dan penyelesaian. Engkau Yang menciptakan aral sekaligus perlindungan. Engkau Yang memberikan rejeki yang tak mampu ditukar. Engkau Yang memberi tempat untuk tak bisa bersembunyi dariMu Ya Allah..Engkau Yang menciptakan setiap sidik jari yang berbeda pada setiap manusia. Subhanallah..

Ya Allah Yang Maha Dekat Dan Maha Jauh...

Terima kasih untuk Ramadhon yang Engkau berikan hanya kepada kami Umat Islam. Bulan Suci yang penuh Ampunan, Rahmat dan Kebebasan Api Neraka, yang alhamdulillah sudah tiba. Berikan kami limpahan ampunan, rahmat dan karuniaMu, sehingga kami bisa melaksanakan Puasa Romadhon dengan segala ketakdziman. Berikan kami kesehatan, kekuatan, kesabaran untuk mampu melaksanakannya. Berikan kesucian pada hati kami, lindungi kami dari kemaksiatan dan dosa sehingga amal puasa kami menjadi amal yang sampai dan Engkau terima di HadliratMu Ya Allah. Aamiin..

Ya Rasulullah SAW..

Nabiku yang Ummi dan penyayang kepada umatmu. Terima kasih untuk Syafaatmu yang senantiasa telah menghiasi hari-hariku bersama keluarga dan kami semua umatmu. Terima kasih, tentu karena engkau, Ramadhon Allah turunkan agar kami umatmu semua tersucikan dari segala noda dan dosa dunia. 

Shalawat serta salamku dan kami semua senantiasa kami naikkan untukmu, untuk keluarga yang engkau kasihi, untuk para sahabat yang engkau cintai, yang juga akan terlimpah kepada kami semua yang mencintai serta taat menjalani suri teladanmu Ya Rassul.

Kini Romadhon yang agung telah tiba. Mohon Syafaatmu Ya Rasul, agar kami dapat menjalaninya dengan ikhlas dan penuh harapan, sehingga amal kami bisa menjadi amal yang putih dan amal yang diterima oleh Allah SWT, sebagaimana amal-amal yang engkau teladankan ketika engkau masih hidup di dunia Ya Rasul.

Wahai Sahabat Sakit Maag Dan Gerd yang saya kasihi dimanapun kalian berada...

Bagi kalian semua, yang selama ini belum memahami sakit yang kalian derita, tentu kalian menjadi panik jika tiba-tiba maag atau gerd kalian kambuh. Serangan gerd dan maag kronis ini datangnya selalu tiba-tiba, tak bisa diduga sebelumnya, dan sensasi rasanya kadang-kadang luar biasa membuat kita benar-benar ketakutan karena rasanya seperti mau mati.

Untuk mengatasi kondisi darurat disaat kalian kambuh tentu perlu apa-apa yang harus disediakan dirumah, agar kalian tak perlu repot mencarinya lagi. Ya kalau ada yang disuruh untuk mencarinya. Juga terkadang meskipun ada seseorang yang dimintain tolong untuk mencarikan sesuatu, namun yang diperlukan tak ada.

Apa saja, yang perlu disediakan dirumah setiap hari ? Antara lain :
  • Pelfles
Alat kompres panas yang seperti bantal kecil terbuat dari karet ini sangat praktis digunakan untuk perut yang tiba-tiba sakit sekali, usus keram, atau jika kita sedang kedinginan. Jika dada kita sedang sakit atau sesak nafaspun pelfles ini bisa membantu meringankannya untuk mengompress dada.
  • Alat muntah yang tertutup 
Ada yang terbuat dari stenless steel, ada yang terbuat dari seng. Tapi fungsinya sama saja. Bagi kita yang sering muntah-muntah atau mual, alat ini baik digunakan untuk menampung muntahan. Terkadang kita sedang berada dimakar tidur berasa mau muntah, padahal badan sedang gemetar tak karuan. Mau lari dan jongkok dikamar mandi untuk muntah, tubuh rasanya tak karuan.
Ambil saja alat muntah ini, kita bisa tumpahkan muntahan kita ditempat ini, kemudian ditutup agar uapnya yang mengandung kuman tidak menyebar kemana-mana. Apabila muntah kita sudah reda, juga kondisi tubuh sudah mendingan, kita bisa membuang sendiri bekas muntahan ini ke lubang pembuangan kamar mandi.

Jika badan masih bisa untuk berjalan, jangan biasakan menyuruh membuang kotoran kita kepada orang lain. Apakah itu muntahan, air kencing dan lain-lain yang keluar dari tubuh kita. Kecuali kalau kita memang benar-benar sudah tak mampu lagi untuk melakukannya sendiri.
  • Waslap
Waslap ini sepele, namun sangat kita perlukan untuk lap-lap tubuh kita ketika kita sedang kedinginan tak berani mandi. Usahakan jika kita kedinginan dan tak berani mandi, sebaiknya tetap berusaha untuk membersihkan diri dengan melap terutama bagian muka, leher, ketiak, badan, selangkangan dan jari-jari kaki.

Jika kita membiasakan diri selalu bersih tubuh kita, maka walau perut masih sakit, tubuh akan terasa segar dan nyaman. Hal ini akan mempengaruhi semangat hidup kita. Tidak selalu merasa letih dan lesu, jika jarang tersentuh air.
  • Ember kecil
Ember kecil ini bermanfaat untuk membawa air panas kedalam kamar untuk lap-lap, jika kondisi kita sedang tak bisa bangun dari tempat tidur. Ember kecil yang lain perlu disediakan untuk khusus jika kita sikat gigi, agar gigi selalu sehat dan mulut baunya segar.
  • Handuk kecil dan besar
Handul kecil digunakan untuk melap seluruh tubuh, sehabis kita melap tubuh dengan waslap. Sedangkan handuk besar digunakan untuk alas di tempat tidur jika kita melakukan lap-lapnya ditempat tidur karena tak bisa bangun.
  • Selimut tipis dan tebal
Kondisi orang sakit maag dan gerd tidak menentu setiap harinya. Kadang suhu normal, kadang suhunya panas, dan kadang suhunya dingin. Pada saat suhu normal terkadang jika baring-baring kaki dingin, nah diperlukan selimut yang tipis sebagai penutup kaki.

Jika sedang kedinginan, hingga menggigil maka diperlukan selimut tebal untuk mengatasi kedinginannya.
  • Bantal tebal yang lembut.
Bagi yang asam lambungnya pernah mengenai jantung atau paru-paru, maka dampaknya biasanya suka sesak nafas jika terkena debu atau udara dingin atau kecapean. Maka ketika berbaring tak bisa tidur dengan bantal yang tipis karena nafasnya akan terasa sangat sesak. Jika dibantu dengan bantal lembut yang tebal, maka sesak nafas akan berkurang.
  • Tabung Oksigen yang kecil
Tabung oksigen ini perlu disediakan dirumah untuk mengatasi sesak nafas yang berat, bagi penderita maag kronis atau gerd, yang sering mengalami sesak nafas berat. Sebelum tindakan darurat dilakukan oleh dokter di rumah sakit, maka perlu dirumah dibantu dengan tabung oksigen kecil dahulu.
  • Serbet besar 
Serbet besar diperlukan bagi alas makan ditaruh dipangkuan jika kita makannya duduk ditempat tidur karena tak kuat berjalan ke meja makan. Atau bisa juga difungsikan sebagai lap makan.
  • Kaos Kaki 
Kaos kaki juga diperlukan bagi kita yang sering kedinginan.
Kecuali peralatan praktis yang sebaiknya ada dirumah kita, untuk menanggulangi kondisi darurat pada sakit maag dan gerd, maka kitapun perlu melengkapinya dengan persediaan bahan makanan atau obat-obat sederhana yang mudah kita peroleh disekitar kita, antara lain :
  • Buah Kurma 
Buah kurma ini kandungan gizinya sangat tinggi. Oleh karena itu sangat baik jika para penderita maag atau gerd dibiasakan makan kurma setiap hari. Pilih kurma yang baik, yang empuk, yang basah dan tidak kering. Kurma yang kering akan meninggalkan rasa sebah pada lambung dikarenakan kasarnya, bukan karena zatnya yang tak cocok pada lambung. 

Jika kurmanya bagus, empuk, namun dimakan masih juga ada rasa tidak enak pada lambung, itu karena pasti ada zat bagus didalam kurma yang sedang mengobati luka lambung. Agar aman makan kurma yang manapun, sebaiknya ketika makan ampasnya yang kasar jangan ikut ditelan. Jika saya suka makan kurma, karena kurma adalah makanan keseharian Rasul SAW, pasti ada kebagusan serta keberkahannya didalamnya. 

Akan tetapi saya tidak menganjurkan minum sari kurma, karena sari kurma sudah mengalami proses pabrikan, tentu ada bahan kimia pengawet. Bahan pengawet inilah yang menyebabkan para penderita maag sering perutnya sakit setelah minum sari kurma. Bukan sari kurmanya yang menyebabkannya. Jadi kita harus hati-hati dalam mengkonsumsi apapun. Ditelaah dulu, agar maag kita tidak kambuh karena salah makan. Sebab jika kambuh, tak enak sekali rasanya, dan seringkali tak cukup sebentar.
  • Kunyit kuning yang rimpangnya bukan indukan.  
Bagi penderita sakit maag atau gerd, sebaiknya walau sedikit, selalu menyediakan kunyit kuning di dapurnya. Untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu lambung atau uluhati sakit sekali, atau perih. Caranya rimpang atau anakan kunyit beberapa buah dicuci bersih lalu diparut, beri sepertiga air hangat, saring, lalu endapkan beberapa lama, lalu diminum. 

Air kunyit bebas diminum kapan saja. Boleh sebelum atau sesudah makan. Karena sifatnya yang antibiotik alami, maka sebaiknya diminum ketika perlu saja. Kunyit bisa mengurangi rasa sakit, anti radang, dan anti kejang. Jangan menggunakan kunyit yang induk yang berbentuk bulat, karena getahnya sangat tajam seperti temulawak, sehingga jika digunakan lambung justru akan terasa sakit. Ini menurut pengalaman saya yang bertahun-tahun terbiasa minum air kunyit dengan segala bentuk. Yang induk, yang rimpang, dan yang anakan kunyit kecil-kecil.
  •  Kapsul Fermint 
Kapsul fermint juga boleh disediakan. Ini bagi kita yang sering terkena tipes. Jika badan tiba-tiba teramat dingin hingga menggigil, tubuh sangat lemas, kedua betis terasa ngilu dan lidah berwarna putih disertai perut melilit dan bab diare campur lendir, ini patut diwaspadai sebagai gejala tipes

Jika sedang terjadi kondisi seperti ini, kapsul fermint yang terbuat dari cacing tanah ini sangat mujarab untuk meredakan gejala tipus. Langsung saja minum fermint 3 x 3 kapsul sehari, insya Allah kondisi akan segera membaik. 

Makanan juga harus diperhatikan : makan bubur yang halus, hindari makan buah, serta santan dan lemak-lemak. Hindari pedas terutama cabe rawit, hindari makanan yang asam dan yang kasar seperti goreng-gorengan.
  • Tepung kerut  
Tepung kerut, aslinya memang makanan untuk sakit perut. Dari sejak jaman saya masih kecil, siapapun anak-anak yang perutnya sakit, selalu segera dibuatkan bubur tepung kerut, dan perutnya akan segera reda sakitnya. Ternyata, dalam penyelidikan oleh para ahli, dalam tepung kerut terdapat kandungan zat yang bisa melapisi dinding lambung sebagai pengganti mukosa yang hilang pada sakit maag. 

Jika bisa, sebaiknya selalu disediakan dirumah, tepung kerut ini, sebagai makanan sehari-hari.
  • Bubur beras nestly yang sasetan.
Bubur beras merah nestly yang sasetan ini insya Allah aman untuk sakit maag. Walaupun sebenarnya ini adalah makanan untuk bayi, namun ternyata sangat praktis untuk disajikan sebagai santapan jika kita susah mencari makanan sedangkan perut kita sudah melilit untuk diisi. Tinggal sedu dengan air panas. Jadilah, makanan yang aman untuk lambung kita.
  • Tepung beras yang masih baru/rose brand.  
Tepung beras yang masih baru ini perlu ada dirumah kita sebagai persediaan apabila sewaktu-waktu perut kita lapar sekali dan dirumah belum ada makanan yang siap untuk dimakan, maka ambil saja tepung ini lalu dibuat menjadi bubur tepung beras yang siap untuk dimakan. 

Kalau kita tidak bisa membuat tepung beras sendiri, maka gunakan tepung beras merk rosebrand yang selama ini dikenal sebagai tepung beras kemasan yang selalu baru isinya dan tidak asam rasanya, kualitasnya cukup terjamin.
  • Kentang yang kulitnya kuning kering.  
Kentang juga merupakan persediaan makanan yang cukup baik bagi lambung. Kecuali lembut, bisa untuk membantu pencernaan, juga enak sebagai makanan selingan yang cukup mengenyangkan. Lagipula, memasaknya tak begitu lama. Akan tetapi pilih kentang yang kulitnya kering, dimana zat pestisidanya yang menempel pada kulitnya reletif sudah banyak berkurang. 

Kecuali itu, pilihlah kentang yang kulitnya belum berwarna hijau. Sebab kentang yang kulitnya sudah berwarna hijau sudah mulai mengandung racun sehingga kalau dimakan bisa menyebabkan sakit perut yang amat sangat.

Demikian “Apa-apa yang perlu dipersiapkan dirumah” jika kita menderita maag kronis atau gerd. Semoga share ini membantu kalian semua dan bermanfaat yaa teman ? Insya Allah semoga masih bisa berjumpa dalam artikel-artikel yang akan datang.

Alhamdulillahirabbil’alamiin...

Purworejo, 09 Juni 2016

Salam Berjuang Demi Ramadhon
Niniek SS
Labels: Maag Kronis, Mengatasi rasa dingin, Mengatasi Sakit Maag, Morinda Bioactive

Thanks for reading Apa-apa Yang Perlu Dipersiapkan Dirumah. Please share...!

1 comments on Apa-apa Yang Perlu Dipersiapkan Dirumah

  1. Assalamualaikum.. saya menderita maag udh 2 tahun lebih bu.. maag saya parah sampai saya tidak kuat puasa.. saya kerja sales di PT wings.. hampir tiap hari maag saya kambuh.. gak bisa telat makan sbentar bu.. saya smpai bingung dgn keadaan saya yg sperti ini.. k dokter bolak balik gak ada gunax.. pikiran saya kacau.. minta tolong solusinya bu saya harus gmn skrg?

    BalasHapus

Back To Top