SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Tips Menjalani Puasa Bagi Penderita Maag Dan Gerd

Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat Niniek SS yang saya sayangi semuanya...

MARHABAN YA RAMADHAN...

Alhamdulillah, betapa bersyukurnya kita kaum Muslimin, jika pagi ini Allah ijinkan kita boleh berjumpa kembali dengan Bulan suci Ramadhan yang kita rindu-rindukan. Yang kita tunggu – tunggu selalu.

“Selamat menjalankan Ibadah Suci Ramadhan, semoga penuh keberkahan. Aamiin”.

Bukan kita yang sedang sehat saja yang merindukan Bulan Suci Ramadhan, namun kita yang sakitpun juga merindukannya. Berharap, meskipun sakit tetap bisa ikut berpuasa. Alangkah bersyukurnya !

Merindukan datangnya bulan suci Ramadhan bagaikan merindukan datangnya kekasih hati yang tak sabar lagi untuk berjumpa. Kini Ramadhan telah tiba. Marilah kita menyambutnya serta menunaikannya dengan sekuat jiwa dan raga kita. Dengan sepenuh kecintaan kita baik kepada Allah SWT. serta kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW.

Tentu bagi yang sehat lambungnya tak menjadi masalah untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Bahkan menjadi kegembiraan yang sangat jika bisa menjalaninya sejak awal hingga akhir.

Namun bagi kita semua yang sedang sakit maag atau kena gerd, ada kesedihan yang mendalam ketika Ramadhan tiba, karena banyak yang tak dapat menjalaninya dengan maksimal. Puasa sambil menahan rasa sakit. Ibadah tidak bisa sempurna. Shalat taraweh tidak bisa jamaah ke masjid atau ke musholla. Meskipun sudah dicoba dengan sungguh-sungguh tetap gagal ditengah jalan.

Sahur juga sudah berusaha sahur, dengan makanan yang aman.  Eh tapi tetap saja tengah hari kesakitan lambungnya. Makin ditahan makin tak karuan rasanya, hingga akhirnya terpaksa mohon ampun kepada Allah karena tak bisa meneruskan puasanya.

Ada perasaan sedih dan berdosa yang menghujam direlung hati ketika harus membatalkan puasanya sebelum waktunya. “Ya Allah betapa banyak dosa hamba, sehingga hamba tak Engkau ijinkan untuk menjalankan puasa hamba pada hari ini..ampunilah segala dosa hamba ini Ya Allah, hamba mohon RidhoMu agar besuk pagi dan seterusnya hamba bisa menjalani puasa ini tanpa kendala rasa sakit lagi”. 

Demikianlah ratapan kita kepada Allah.  Air mata berurai disertai penyesalan yang amat dalam,  ketika dengan sangat terpaksa kita harus membatalkan puasa kita ditengah jalan.

Lalu apa tips untuk penderita maag atau gerd untuk bisa menjalani puasa dengan selamat ?

Dibawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar kita yang masih menderita maag atau gerd bisa berpuasa.

Berpuasa dibulan Ramadhan bagi Umat Islam adalah wajib, sehingga jika kita tak dapat menjalaninya maka harus digenapi dengan puasa pada bulan diluar bulan Ramadhan. Alangkah meruginya jika kita tak bisa menjalani puasa Ramadhan, karena keberkahannya yang luar biasa, yang tak ada dibulan-bulan yang lain.

Pada bulan Ramadhan Allah membuka tingkap langit keberkahan dan ampunan serta Rahmat seluas-luasnya. Sehingga bagi kita yang sudah faham, maka akan berusaha mati-matian bagaimana agar bisa menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Apa saja yang perlu kita persiapkan ?

Niat yang penuh keyakinan

Bulatkan tekad untuk bisa berpuasa. Meskipun sedang sakit maag, berusahalah semaksimal mungkin untuk bisa berpuasa.  Nggak ketang mampunya entah sampai jam berapa ? Yang penting pada saatnya sahur juga sahur. Sahurlah pada ujung waktu menjelang imsak, dengan makanan sahur yang aman.

Jangan menyerah dan takut bayangan sebelum berpuasa.  Jangan ragu-ragu untuk menjalaninya. Untuk mencobanya. Harus yakin bahwa dengan berpuasa kita akan mendapatkan ampunan. Mendapatkan rahmat kesembuhan serta akan diberikan kekuatan oleh Allah SWT.

Jangan sekali kali punya pendirian :”Ah aku gak akan puasa dulu deh, soalnya lambungku sedang sakit. Gak puasa saja kalau lapar rasanya sakit gak karuan, gimana gitu, apalagi kalau harus puasa. Seharian gak kemasukan makan dan minum, mau bagaimana nasib lambungku nanti ? Besuk jika aku sembuh kan hutang puasaku bisa aku bayar ?”.

Ya memang tidak ada yang melarang kita berpikiran seperti itu. Sah-sah saja. Tapi layakkah kita menyambut bulan Ramadhan seperti itu ? Tidak bukan ? Kita harus mati-matian memperjuangkan untuk bisa berpuasa. Jika memang benar-benar tidak kuat ditengah jalan, karena sakit yang mendera, ya apaboleh buat ? Namun kan kita sudah mencoba semaksimal mungkin ?

Saya dulu juga begitu kok. Meskipun sedang sakit maag tetap berusaha untuk berpuasa Ramadhan. Sebisanya. Persis seperti anak SD yang lagi latihan puasa. Ketika berpuasa Ramadhan dalam masa sakit maag yang berat, hari pertama saya hanya mampu bertahan hingga sampai jam 09.00 pagi saja. Perut bukan main sakitnya. Keringat dingin bercucuran. Pandangan mata buram, lemas sekali, maka saya batalkan puasa dengan mohon ampunan yang sungguh-sungguh kepada Allah, karena memang benar-benar sudah tak kuat lagi.

Hari kedua saya tak menyerah tetap mencoba berpuasa lagi. Peristiwa hari pertama berulang kembali. Saya kesakitan yang luar biasa. Namun kali ini terjadi pada jam 11.00 siang, sehingga saya berbuka puasa pada jam 11.00 siang. Alhamdulillah puasa hari kedua saya sudah lebih panjang 2 jam dari hari sebelumnya..

Pada hari ketiganya saya terus berjuang. Dan alhamdulillah meskipun belum lulus hingga maghrib puasanya, namun waktu bisa berpuasanya sudah lebih panjang, karena kuat hingga jam 3 sore.

Pada hari ke 4-nya, alhamdulillah rahmat itu benar-benar datang, saya bisa lulus berpuasa hingga adzan maghrib tiba. Subhanallah Alhamdulillah Allah Hu Akbar.  Dalam sebulan saya hanya batal 3 hari saja, karena saya sudah menopause sehingga tidak harus kehilangan masa haid untuk batal berpuasa.

Begitulah seharusnya kita memasang niat untuk berpuasa. Yakin, gigih berjuang, dan kita akan menang. Oke ? 

Mengetahui tujuan berpuasa

Apa sih tujuan berpuasa ?

Tujuan yang utama adalah untuk mentaati perintah Allah. Tujuan yang kedua adalah untuk meraih RidhoNya. Ridho yang teramat sulit diraih pada bulan-bulan biasa, ditawarkan oleh Allah SWT. akan diberikan kepada Umat Islam yang mau menjalani puasa dibulan Ramadhan dengan penuh khidmad dan takzim, ikhlas dan penuh kegembiraan.

Karena Allah SWT, pada bulan Ramadhan membuka pintu keberkahan seluas-luasnya. Keberkahan dalam bentuk ampunan akan dosa-dosa Umat Islam, keberkahan akan RahmatNya, dan keberkahan akan dibebaskanNya dari api neraka. Dan keberkahan-keberkahan itu hanya DiberikanNya pada bulan suci Ramadhan saja. Dan terbuka untuk siapapun Umat Islam yang mau menjalaninya.

Siapakah yang tidak tergiur untuk mendapatkan semuanya ? Ampunan atas segala dosa ? Rahmat bagi kehidupan dunia dan akherat yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia ? Serta kebebasan dari api neraka yang begitu dahsyatnya dan mengerikan panasnya ?
Dan segala bentuk ibadah serta kebaikan yang dilakukan akan diberikan pahalanya dengan berlipat ganda. Hingga tidur siangpun dihargai bernilai ibadah. Luar biasa bukan ?

Nah tujuan lain mungkin untuk tercapainya hajad hidup serta terkabulnya semua doa-doa kita. Pumpung berada dalam bulan yang penuh keberkahan dan ampunan. Pumpung Allah janjikan pahala-pahala yang berlimpah bagi kebaikan yang kita lakukan.

Saya tak bisa ungkapkan betapa mulianya aura alam semesta yang nampak di bulan Ramadhan. Air mata selalu meleleh setiap ingat kemuliaan bulan Ramadhan. Aura kasih sayang. Aura kesucian. Aura pengampunan. Aura kebahagiaan. Aura kesejahteraan. Dan segala aura keluhuran selalu mewarnai seluruh alam semesta di bulan Ramadhan.. Subhanallah..

Jika kita faham rasa akan kemuliaan bulan Ramadhan, tentu kita mau menukar seluruh harta kita yang ada didunia ini dengan segala keberhargaan yang ditawarkan oleh Allah SWT. di bulan Ramadhan ini.

Memanage kesehatan dengan baik

Selanjutnya, agar puasa kita lancar, kita harus bisa mengelola kesehatan kita dengan baik. Aktifitas yang tak penting sebaiknya tak usah dilakukan. Apalagi bagi kalian yang sedang sakit maag dan gerd, sebaiknya benar-benar menghemat energi kalian. Semisal begini, pekerjaan mencuci baju yang biasanya dilakukan hingga 3 hari atau seminggu sekali jangan ditunda-tunda. Sebaiknya, jika memungkinkan, sehabis mandi baju langsung dicuci dan dijemur, sehingga meringankan. Jika mencuci baju yang sudah menumpuk 3 hingga 1 minggu bukankah berat sekali ?

Makanan yang tidak aman untuk berbuka hendaklah dihindari meskipun sangat menggiurkan. Misal ayam goreng, ayam opor, rica-rica entok, sambal goreng ati, juice buah-buahan, kue-kue yang penuh mentega dan cream, dan segala makanan berpengawet lainnya.

Upayakan, sesudah cukup beribadah, untuk memanfaatkan waktu untuk tidur agar stamina kalian terjaga. Sehingga bisa kuat berpuasa hingga akhir waktu, tanpa kambuh. Sebab jika energi terbatas, lalu aktifitas banyak, pada waktu berpuasa, maka kondisi bisa dropp, yang akan menyebabkan puasa tak bisa berlanjut. Sayang kan ?

Membuat menu yang aman dan secukupnya

Hari-hari biasa saja, kita penderita maag sangat sulit menentukan menu yang aman dan mencukupi gizi, apalagi ketika bulan puasa, teramat rumitnya menyusun menu berbuka dan untuk sahur malam harinya, yang aman tapi penuh gizi.

Benar-benar memanfaatkan waktu untuk banyak beribadah

Sebaiknya, manfaatkan waktu di bulan suci Ramadhan untuk benar-benar beribadah dengan baik. Baik kualitas maupun kuantitasnya. Tapi tetap menjaga, agar lambung tidak terganggu.
Untuk para penderita maag dan gerd, sebaiknya gerakan sholat diperlahan. Hal ini untuk menjaga agar otot lambung tidak terguncang. Ada baiknya juga dengan gerakan sholat yang lambat, bacaan-bacaan sholat bisa lebih khusyuk dihayati.

Yang utama adalah : Bersungguh-sungguhlah dalam memohon kepada Allah SWT, agar bisa menjalani ibadah suci Ramadhan ini dengan lancar. Berpuasa, sholat tarawih, banyak berdzikir, banyak membaca Al Qur’an serta banyak bershodaqoh serta amal-amal kebaikan yang lain.

Lalu adakah yang perlu kita persiapkan untuk mendukung kelancaran puasa kita, serta menjaga stamina agar tetap sehat selama masa puasa Ramadhan ?

1.    AIR MENTAH YANG HIGIENIS :


Bagi yang sudah terbiasa minum air mentah yang higienis, sebaiknya menyediakan air mentah ini untuk tetap dikonsumsi ketika “berbuka” dan makan “sahur”. Diatur waktu minumnya agar tidak kekenyangan.

2.    KURMA : 

Kurma sangat penting dikonsumsi pada waktu puasa, sebab kandungan gizinya yang sangat banyak. Sebagaimana dicontohkan oleh Kanjeng Nabi Muhammad SAW. ketika berbuka puasa selalu mengkonsumsi kurma lebih dahulu sebelum melaksanakan sholat maghrib. Pilih kurma yang dagingnya empuk, jangan yang keras, sebab kurma yang dagingnya keras akan menyebabkan perut sakit. Sebaiknya, bagi kalian yang sedang sakit maag atau gerd, saat makan kurma, jika ada ampas dari kulit kurma, dibuang jangan ditelan. Kulit buah kurma ini yang biasanya menyebabkan lambung menjadi perih atau melilit jika ditelan.

Makan kurma pada saat berbuka, jangan banyak-banyak. Cukup 3 butir saja pada setiap berbuka puasa.

3.    MADU :

Usahakan ketika berpuasa menyediakan madu. Madu ini sangat menunjang stamina. Juga karena kandungan gizinya yang sempurna, maka madu merupakan suplemen yang sangat vital bagi penderita maag yang sedang berpuasa, karena nutrisinya mencukupi yang dibutuhkan penderita sakit maag. Selain itu madu juga mengandung zat antibiotik alami sehingga bisa untuk menolak kuman yang akan mengganggu kita diwaktu berpuasa.

Jika kesulitan mendapatkan madu, silahkan pesan pada bu Niniek dengan harga 100.000/500 gram + ongkir. Bu Niniek mempunyai stok Madu Pahit Alami, yang ternyata bagus sekali untuk mendukung kesembuhan sakit maag kronis dan Gerd.

4.    MORINDA ( TAHITIAN NONI JUICE ) :

Telah banyak terbukti, bahwa pengguna morinda untuk mengobati maag kronis dan gerd, hasilnya sangat signifikan. Bagi yang sedang dalam masa terapi morinda, silahkan tetap meneruskan terapinya. Tak perlu dalam masa puasa, terapi morinda dihentikan. Justru sangat baik minum morinda pada saat berpuasa, karena stamina akan terdongkrak.

Bagi yang baru pertama kali minum morinda, sebaiknya pada bulan Ramadhan ini cukup dengan dosis 3 x 1 sendok makan saja , supaya puasa tidak terganggu oleh reaksi yang muncul pada masa penggunaan botol pertama. Namun bagi yang telah minum pada botol kedua dan seterusnya, silahkan tetap dilanjut pada saat puasa, sesuai dosis yang telah dicapai sebelumnya. 

BONUS PEMBELIAN MORINDA DALAM MASA BULAN RAMADHAN DARI BU NINIEK :

Bagi yang memesan 2 botol morinda dan transfer dalam bulan Ramadhan ini akan diberikan bonus sebuah Buku Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis gratis seharga Rp.100.000, hanya membayar Ongkos Kirim saja.

2 botol morinda harga 1.090.000 + Ongkos Kirim ke alamat pemesan.

5.    ORIFLAKE : 

Oriflake adalah tepung kerut yang diolah secara modern. Dibuat dari umbi tanaman kerut yang asli, melalui pengawasan yang sangat ketat. Sehingga dijamin kualitas serta manfaatnya.

ORIFLAKE lebih higienis serta praktis dibanding tepung/pati kerut. Dan hampir semua teman-teman yang memesannya berkomentar “ Oriflake rasanya enaaak Bund lebih enak dari tepung/pati kerut”. Sudah dengan paduan gula merah yang pas serta sedikit susu kambing ettawa, yang sangat aman dan enak dikonsumsi. Caranya hanya dengan disedu dengan air mendidih. 2 sendok makan ORIFLAKE sedu dengan 150 cc air mendidih. Aduk hingga merata tidak prongkol-prongkol, konsumsi setelah hangat-hangat kuku. Nyem..nyem..nyem..

Sangat praktis bagi kalian yang sibuk tak sempat memasak tepung kerut. Praktis untuk dibawa kemana-mana atau kekantor. Sangat cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, untuk mendasari lambung yang seharian kosong berpuasa.

Harga ORIFLAKE : 50.000/300 gram + Ongkir.

6.    TEPUNG KERUT :

Tepung kerut sekarang sangat sulit didapat. Karena umbi tanaman kerut semakin langka karena jarang yang mau membudidayakan. Sejak jaman nenek moyang orang Jawa, tepung kerut ini sudah dikenal sebagai makanan orang sakit perut. Dari mulai bayi hingga kakek nenek.

Bagi yang sakit maagnya parah, sebaiknya cara konsumsinya dengan dimasak. Namun bagi yang sakit maag atau gerdnya tidak parah, maka bisa dikonsumsi mentah saja hanya disedu dengan air hangat saja. Boleh ditambah sedikit gula aren/gula merah.

Harga 25.000/kg + Ongkos Kirim.

7.    KRISTAL AREN :

Gula kristal aren ini sangat praktis digunakan untuk membuat minuman, masakan, ataupun kue-kue pada bulan puasa. Kecuali itu juga mempunyai kandungan yang mendukung kesehatan lambung. Kristal aren yang ditawarkan oleh Bu Niniek dijamin asli tanpa campuran.
Harga 50.000/ ½ Kg + Ongkos Kirim.

8.    MINYAK BUBUT

Minyak Bubut adalah minyak yang diramu oleh Tuan Haji Ismail dari Malaysia ( Praktisi Herbal Internasional ), yang banyak manfaatnya. Minyak urut serbaguna yang bisa digunakan sebagai minyak untuk menghangatkan badan juga bisa diminum dengan cara diteteskan beberapa tetes dicampur dengan air hangat untuk melegakan batuk dan radang tenggorokan.

Bagi kalian yang tenggorokannya sering radang, apalagi sedang berpuasa di bulan Ramadhan, alangkah baiknya menyediakan minyak bubut ini dirumah. Untuk melegakan nafas, mengurangi sakit ditenggorokan, meredakan batuk kering, ambil 1 hingga 3 tetes minyak bubut, teteskan pada sendok makan yang sudah berisi air hangat lalu diminum sesudah berbuka puasa atau sesudah makan sahur. Maka akan membantu puasa kalian pada siang harinya tidak terganggu dengan keluhan tenggorokan.

Jika kalian mengalami gangguan gatal-gatal pada kulit ( hal ini sering dialami oleh penderita maag parah dan gerd akibat stress memikirkan sakit yang tak sembuh-sembuh ), minyak bubut ini bisa dioleskan tipis-tipis pada bagian yang gatal, secara rutin pagi dan sore. Insya Allah gangguan gatal yang kita rasakan akan cepat sirna.

Bagi kalian yang batuk tak sembuh-sembuh, juga anak-anak, kecuali 
bagian dada dan punggung dibaluri dengan minyak bubut tipis-tipis, juga diminumi 1 hingga 3 tetes minyak bubut yang dicampur dengan sedikit air hangat untuk meredakan batuk. Insya Allah batuk akan lekas sembuh.

9.    SABUN SEREH

Para penderita maag kronis dan gerd sering merasa kedinginan, baik ketika udara panas apalagi jika udara dingin. Mengapa ? Karena kebanyakan orang sakit maag, banyak yang menjadi kekurangan nutrisi akibat lambungnya tidak bisa mencerna makanan dengan baik, dan terkadang ususpun ikut kena dampaknya tak dapat menyerap nutrisi dengan sempurna, sehingga meskipun makan berkali-kali berat badan orang maag dan gerd akan turun drastis.

Hal ini akan mengakibatkan para penderita maag atau gerd biasanya mempunyai tensi rendah, sehingga sering merasa kedinginan. Jika sudah kedinginan seperti ini sungguh menyiksa, karena tak tahan menyentuh air. Nah untuk mengantisipasi hal ini, kecuali mengobati lambung dengan pengobatan yang efektif, juga memperbaiki nutrisi yang dikonsumsi.

Sabun sereh yang ditawarkan oleh Ibu Niniek, sangat membantu untuk mengurangi rasa dingin, jika dipakai untuk mandi secara rutin. Kecuali itu, baunya yang segar dan aroma wanginya menimbulkan kesegaran yang penuh sensasi yang membahagiaakan diri.

1 set sabun sereh yang terdiri 2 batangan kotak dan 1 berbentuk bulat harga 49.000/set + Ongkos kirim. Tapi minimal pesan 2 set 98.000 + ongkos kirim.

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan sebagai persiapan untuk menjalani puasa Ramadhan yang dimulai pada hari ini. Semoga ada manfaatnya. Aamiin.

Alhamdulillahirabbil’alamiin

Purworejo, 27 Mei 2017

Salam Suci Ramadhan,
Niniek SS
Labels: EDISI SPESIAL, Herbal Berkualitas, KRISTAL GULA AREN, Mengatasi rasa dingin, PRODUK BARU

Thanks for reading Tips Menjalani Puasa Bagi Penderita Maag Dan Gerd. Please share...!

0 Komentar untuk "Tips Menjalani Puasa Bagi Penderita Maag Dan Gerd"

Back To Top